Cara Penularan Infeksi Pernafasan Akut

Seiring berkembangnya jaman, banyak orang yang terkena ISPA mulai dari akibat polusi udara, virus, dan terjangkit karena tertular. Tidak sedikit orang yang berlum mengetahui informasi tentang cara penularan infeksi saluran pernafasan akut yang sangat penting untuk kita ketahui agar kita dan keluarga kita terhindar dari penyakit ISPA ini.

Apa itu ISPA?

ISPA ialah suatu penyakit infeksi saluran pernapasan akut dimana ISPA ini mengandung tiga unsur, yaitu infeksi, saluran pernapasan dan akut (Anonim, diakses pada tanggal 2 desember 2008)

ISPA merupakan Infeksi Saluran Pernapasan akut yang datang secara mendadak, yang sangat gawat dan berbahaya. Penyakit ISPA dapat menjadi Pneumonia atau sering di sebut radang paru-paru yaitu penyakit batuk yang di tandai dengan napas cepat atau sesak napas. Sering kali ISPA disalah artikan sebagai Infeksi Saluran pernapasan Atas. Yang pada kenyataannya kepanjangan ISPA adalah Infeksi Saluran Pernapasan Akut.

ISPA merupakan penyakit infeksi saluran nafas yang secara anatomi dibedakan mejadi 2. Yaitu saluran nafas atas mulai dari hidung sampai dengan laring dan saluran nafas bawah mulai dari laring sampai dengan alveoli beserta adnexanya, akibat invasi infecting agents yang mengakibatkan reaksi inflamasi saluran nafas yang terlibat. Hingga saat ini telah dikenal lebih dari 300 jenis bakteri dan virus sebagai penyebab ISPA (Levi Silalahi, 2004).

Istilah ISPA meliputi tiga unsur yakni infeksi, saluran pernafasan dan akut, dengan pengertian sebagai berikut :

  1. Infeksi itu maksudnya kuman atau mikroorganisma ke dalam tubuh manusia yang berkembang biak sehingga menimbulkan gejala penyakit.
  2. Saluran pernafasan ialah organ mulai dari hidung hingga alveoli beserta organ adneksanya seperti sinus-sinus, rongga telinga tengah dan pleura. ISPA secara anatomis mencakup saluran pernafasan bagian atas, saluran pernafasan bagian bawah (termasuk jaringan paru-paru) dan organ adneksa saluran pernafasan. Dengan batasan ini, jaringan paru termasuk dalam saluran pernafasan (respiratory tract)
  3. Infeksi akut merupakam infeksi yang berlangsung selama 14 hari. Batas 14 hari diambil untuk menunjukkan proses akut meskipun untuk beberapa penyakit yang dapat digolongkan dalam ISPA proses ini dapat berlangsung lebih dari 14 hari (Levi Silalahi, 2004)

ISPA adalah radang akut saluran pernapasan atas maupun bawah yang di sebabkan oleh infeksi jasad renik atau bakteri, virus, tanpa atau disertai radang parenkin paru. Selain itu juga ISPA merupakan kelompok penyakit sebagai penyebab absensi tertinggi bila dibandingkan dengan kelompok penyakit lain.

cara penularan infeksi saluran pernafasan akut

Cara Penularan Infeksi Pernafasan Akut

            ISPA bermula pada saat mikriorganisme atau atau zat asing seperti tetesan cairan yang dihirup, memasuki paru dan menimbulkan radang. Bila penyebabnya virus atau bakteri, cairan digunakan oleh organisme penyerang untuk media perkembangan. Bila penyebabnya zat asing, cairan memberi tempat berkembang bagi organisme yang sudah ada dalam paru-paru atau sistem pernapasan.

Inhalasi merupakan cara terpenting masuknya kuman penyebab ISPA kedalam saluran pernapasan yaitu bersama udara yang dihirup, disamping itu terdapat juga cara penularan langsung yaitu melalui percikan droplet yang dikeluarkan oleh penderita saat batuk, bersin dan berbicara kepada orang di sekitar penderita, trasmisi langsung dapat juga melalui ciuman, memegang/menggunakan benda yang telah terkena sekresi saluran pernapasan penderita (Azwar, 1985).

Bibit penyakit ISPA berupa jasad renik ditularkan melalaui udara. Jasad renik yang berada di udara akan masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan dan menimbulkan infeksi, penyakit ISPA dapat pula berasal dari penderita yang kebetulan mengandung bibit penyakit, baik yang sedang jatuh sakit maupun karier. Jika jasad renik bersal dari tubuh manusia maka umumnya dikeluarkan melalui sekresi saluran pernafasan dapat berupa saliva dan sputum. Penularan juga dapat terjadi melalui kontak langsung/tidak langsung dari benda yang telah dicemari jasad renik (hand to hand transmission). Oleh Karena salah satu penularan melalui udara yang tercemar dan masuk ke dalam tubuh melalui saluran pernafasan , maka penyakit ISPA termasuk golongan Air Borne Diseases

ISPA dapat ditularkan melalui air ludah, darah, bersin, udara pernapasan yang mengandung kuman yang terhirup oleh orang sehat kesaluran pernapasannya. Infeksi saluran pernapasan bagian atas terutama yang disebabkan oleh virus, sering terjadi pada semua golongan masyarakat pada bulan-bulan musim dingin.

Scara umum, efek pencemaran udara terhadap saluran pernafasan dapat menyebabkan pergerakan silia hidung menjadi lambat dan kaku bahkan dapat berhenti sehingga tidak dapat membersihkan saluran pernafasan akibat iritasi oleh bahan pencemar. Produksi lendir akan meningkat sehingga menyebabkan penyempitan saluran pernafasan dan rusaknya sel pembunuh bakteri di saluran pernafasan. Akibat dari hal tersebut akan menyebabkan kesulitan bernafas sehingga benda asing tertarik dan bakteri lain tidak dapat dikeluarkan dari saluran pernafasan, hal ini akan memudahkan terjadinya infeksi saluran pernafasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kirim barang terlebih dahulu, transfer setelah barang diterima maximal 2 botol (syarat dan ketentuan berlaku) >> Disini !!!